Kamis, 22 November 2012

Kawah Gunung Tangkuban Perahu _ Obyek Wisata di Indonesia




Nama : Tangkuban Perahu
Jenis : Kawah, Gunung, Obyek Wisata

Uraian Singkat

Merupakan sebuah Obyek Wisata Taman Alam Gunung yang terletak diperbatasan Kabupaten Bandung dan Subang, propinsi Jawa Barat.Tangkuban Parahu atau sering disebut sebagai Gunung Tangkuban Perahu mempunyai letak geografis sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, atau lebih tepatnya 6.77 Lintang Selatan, 107.6 Bujur Timur.

Dengan ketinggian sekitar 2.000 meter dari permukaan air laut, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai hamparan rerimbunan pohon pinus dan perkebunan teh disekitarnya yang menjadikan daya tarik tersendiri sebagai obyek wisata pemandangan alam.

Mnurut dongeng, asal-usul Gunung Tangkuban Parahu ada kaitanya dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan menaruh hati dan jatuh cinta kepada seorang perempuan yang tidak ia diketahui kalau perempuan tersebut adalah ibunya sendiri yakni, Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niat Sangkuriang menikahinya dirinya, yang memang telah diketahuinya kalau Sangkuriang adalah anaknya sendiri, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat perahu untuknya dalam waktu semalam.

Namun akhirnya syarat itu gagal dilakukan oleh Sangkuriang.Sehingga membuatnya marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk sebuah Gunung Tangkuban Parahu, yang dikenal hingga sekarang.

Sudahkah anda mengunjungi obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar